Apa Itu Maraton? Dan Mengapa Kita Berlari?

Apa Itu Maraton? Dan Mengapa Kita Berlari? – Pernahkah Anda bertanya-tanya apa itu maraton dan bagaimana hal itu terjadi? Nah…marathon adalah cabang olahraga lari dengan jarak 42,195 km. Kebanyakan maraton berlangsung dalam bentuk road race meskipun ada beberapa yang berbentuk cross country atau di jalan yang tidak rata.

Apa Itu Maraton? Dan Mengapa Kita Berlari?

finalmileracemanagement – Asal usul maraton dimulai sekitar 490 SM pada saat Persia sedang menyerang Yunani. Legenda paling populer menceritakan tentang seorang utusan Yunani: Pheidippides yang ditugaskan dengan misi menginformasikan orang-orang Athena bahwa orang-orang Yunani telah mengalahkan Persia di Pertempuran Marathon.

Baca juga : Lari Sprint: Peraturan Pertandingan dan Tekniknya

Melansir justrunlah, Pheidippides yang menganggap misi itu penting, berangkat dengan berjalan kaki dan berlari tanpa henti. Setelah mencapai gerbang Athena, ia menyerbu ke majelis pemerintah dan menyatakan kemenangan Yunani di mana ia jatuh ke tanah dan meninggal setelah itu karena kelelahan.

Lalu bagaimana jarak maraton diturunkan? Jarak kedua kota yaitu Yunani dan Athena sekitar 40,8 km sepanjang rute selatan terpanjang. Dan ini juga merupakan rute yang digunakan selama Olimpiade pertama pada tahun 1896.

Sejak itu, maraton telah menjadi bagian dari Olimpiade dan juga merupakan acara ketahanan untuk mengakhiri pertandingan. Jarak standar untuk maraton sekarang adalah 42,195km yang juga menjelaskan mengapa setengah maraton adalah 21,1km.

Lalu kenapa kita lari maraton?

Lari maraton itu sulit terutama untuk pemula. Tapi apa yang menarik orang banyak karena tampaknya menjadi kemarahan hari ini meskipun tidak untuk semua orang. Alasan berbeda dari setiap individu mengapa mereka memilih untuk berlari maraton dan menurut saya sendiri, ini adalah beberapa:

Uji daya tahan Anda sendiri;
Meningkatkan kesadaran dan mendukung penyebab;
Gaya hidup sehat dan agar tetap fit selama kita masih bisa berlari;
Ini bukan balapan dengan siapa pun, tetapi balapan Anda sendiri melawan waktu Anda sendiri;
Lari bebas dan lepaskan stres;
Persahabatan dan persaudaraan terjalin. Dukungan dan dorongan selama berjalan;
Kegembiraan dan dinamika yang luar biasa di acara tersebut dan peserta yang penuh dengan energi selama berlari. Berada di sana, melakukan itu;
Baju lomba, baju finisher, medali, goodie bag, dll.

Namun sebelum seseorang mencoba untuk memulai perjalanan maraton, dia harus benar-benar mulai perlahan dengan kesabaran dan pelatihan adalah suatu keharusan dalam persiapan perjalanan yang panjang dan membosankan tetapi sangat bermanfaat ini. Dan Anda akan melihat senyum dan kegembiraan setelah Anda melewati garis akhir mengetahui bahwa kerja keras Anda telah terbayar!

Please follow and like us: