Apa Manfaat dan Resiko Berlari Setiap Hari?

Apa Manfaat dan Resiko Berlari Setiap Hari? – Berlari setiap hari mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan. Studi menunjukkan bahwa berlari hanya 5 hingga 10 menit setiap hari dengan kecepatan sedang dapat juga membantu mengurangi risiko kematian akibat serangan jantung, stroke, dan penyakit umum lainnya.

Apa Manfaat dan Resiko Berlari Setiap Hari?

finalmileracemanagement – Tetapi penelitian yang sama juga menunjukkan bahwa manfaat ini mencapai 4,5 jam seminggu, yang berarti tidak perlu berlari berjam-jam setiap hari. Berlari merupakan latihan yang mempunyai resiko sangat tinggi dan latihan berlebihan juga dapat menyebabkan cedera seperti fraktur stres dan shin splints.

Melansir healthline, Berapa hari aman bagi Anda untuk berlari setiap minggu tergantung pada tujuan dan tingkat kebugaran fisik Anda. Menjadwalkan hari untuk latihan silang, latihan kekuatan, dan istirahat harus menjadi bagian dari rencana latihan Anda. Mereka mungkin membuat Anda menjadi pelari yang lebih kuat dan lebih sehat secara keseluruhan.

Baca juga : Alasan Mengapa Lari Adalah Olahraga Terbaik Untuk Anda

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat dan risiko lari harian, plus kiat untuk menambahkan lari harian ke rutinitas Anda.

Apa manfaat lari setiap hari?

Berlari setiap hari mungkin memiliki manfaat untuk kesehatan Anda. Studi menunjukkan bahwa manfaat berlari hanya selama 5 hingga 10 menit dengan kecepatan sedang (6,0 mil per jam) setiap hari dapat mencakup:

  • pengurangan risiko kematian akibat serangan jantung atau stroke
  • mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
  • risiko lebih rendah terkena kanker
  • risiko lebih rendah terkena penyakit neurologis seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson

Sementara manfaat ini dapat dicapai dengan berlari minimal setiap hari, sekelompok peneliti Belanda merekomendasikan lari 2,5 jam per minggu, atau 30 menit, lima hari seminggu untuk menikmati manfaat umur panjang yang maksimal.

Manfaat lain dari berlari mungkin termasuk peningkatan kualitas tidur dan suasana hati. Para peneliti dalam sebuah penelitian mengamati sekelompok remaja sehat yang berlari selama 30 menit dengan kecepatan sedang setiap pagi selama tiga minggu. Kemampuan tidur, suasana hati, dan konsentrasi mereka di siang hari diuji lebih baik daripada kelompok kontrol non-pelari.

Anda mungkin juga dapat merasakan manfaat yang sama dari 30 menit aktivitas harian lainnya, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau yoga.

Apakah aman untuk berlari setiap hari?

Berlari setiap hari dapat meningkatkan risiko cedera akibat penggunaan berlebihan. Cedera akibat penggunaan berlebihan terjadi karena terlalu banyak melakukan aktivitas fisik, terlalu cepat, dan tidak membiarkan tubuh menyesuaikan diri. Atau bisa juga karena kesalahan teknik, seperti berlari dengan bentuk tubuh yang buruk dan kelebihan beban otot tertentu.

Untuk menghindari cedera berlebihan:

  • Pastikan Anda memiliki sepatu lari yang sesuai dan sering-seringlah mengganti sepatu Anda.
  • Secara bertahap tingkatkan jumlah mil yang Anda jalankan setiap minggu.
  • Campurkan hari-hari lari dengan latihan silang, seperti bersepeda atau berenang.
  • Lakukan pemanasan sebelum berlari dan lakukan peregangan setelahnya.
  • Jalankan dengan bentuk yang tepat.

Jika Anda mengalami cedera lari, hentikan latihan dan temui dokter Anda untuk rencana pemulihan. BERAS (istirahat, es, kompresi, elevasi) dapat membantu pemulihan Anda.

Apakah Anda membutuhkan latihan lain?

Latihan silang, atau latihan dengan bentuk latihan lain selain lari, mungkin bermanfaat bagi pelari. Beberapa manfaat potensial meliputi:

  • mengurangi risiko cedera
  • melibatkan kelompok otot yang berbeda
  • meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan inti
  • membantu pemulihan cedera tanpa mengurangi tingkat kebugaran
  • menawarkan variasi

Jika lari adalah bentuk olahraga utama Anda, pertimbangkan latihan silang satu hingga dua kali seminggu dengan bersepeda, berenang, yoga, atau Pilates untuk merasakan manfaat di atas. Anda harus mempertimbangkan untuk menambahkan aktivitas anaerobik seperti latihan kekuatan dan beban ke dalam rutinitas Anda satu hingga dua kali seminggu.
Bagaimana cara berlari setiap hari
Perlengkapan

Satu-satunya barang yang Anda perlukan untuk mulai berlari setiap hari adalah sepasang atau dua sepatu lari dan kaus kaki. Anda mungkin ingin berganti-ganti antara dua pasang sepatu jika salah satunya basah atau berlumpur.

Anda juga membutuhkan pakaian lari tahan keringat seperti celana pendek dan T-shirt. Jika Anda berlari di malam hari atau di pagi hari, dapatkan rompi atau lampu reflektif untuk keselamatan.
Rencana mingguan

Seberapa sering Anda berlari setiap minggu harus bergantung pada tujuan dan tingkat kebugaran fisik Anda. Misalnya, jika Anda seorang pemula, Anda tidak perlu mulai berlari setiap hari karena Anda berisiko lebih tinggi mengalami kelelahan atau cedera. Sebagai gantinya, mulailah dengan berlari setiap hari selama 20-30 menit. Pertimbangkan untuk mencoba program sofa-ke-5K untuk memulai.

Menyesuaikan waktu yang cukup untuk berlari setiap hari atau beberapa kali seminggu bisa menjadi tantangan. Cobalah untuk menjalankan hal pertama di pagi hari sebelum hari Anda sibuk. Atau, larilah saat istirahat makan siang. Cari klub lari dan pertemuan lari di daerah Anda untuk mendapatkan dukungan dan motivasi. Lakukan lari pendek selama seminggu, dan simpan lari panjang Anda untuk akhir pekan ketika Anda memiliki lebih banyak waktu.

Jika Anda seorang pelari berpengalaman dan berencana untuk berlari setiap hari, penting untuk menjadwalkan latihan mingguan Anda dengan banyak variasi. Misalnya, satu hari dalam seminggu Anda dapat melakukan lari jarak jauh dengan kecepatan lari tujuan Anda. Anda bisa menghabiskan satu hari lagi untuk pekerjaan cepat. Satu sampai dua hari bisa singkat, pemulihan berjalan. Hari-hari lain dapat dihabiskan dengan melakukan latihan bukit, di mana Anda berlari di tanjakan berulang-ulang untuk membangun kekuatan di kaki Anda. Anda juga dapat berlari atau joging di kolam untuk pemulihan aktif.

Please follow and like us: